14 Oktober 2009

sehat dengan mengkonsumsi ikan

Ikan merupakan sumber gizi yang diperlukan oleh tubuh. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang menyebutkan bahwa asam linoleat (sejenis lemak) yang terdapat dalam ikan, akan dirubah oleh sistem pencernaan kita, menjadi asam lemak atau dikenal dengan kata lain omega 3.

Faktor omega 3 inilah yang membuat masyarakat, di negara-negara yang sudah dikenal sebagai pengkonsumsi ikan seperti jepang, diketahui mempunyai angka penderita jantung dan penyakit degeneratif lain yang cukup rendah.

Selain itu, omega 3 berperan untuk membantu proses pertumbuhan sel otak manusia. Apabila dalam masa kandungan sampai masa pertumbuhannya, balita memperoleh asupan omega 3 dengan baik, maka potensi kecerdasan balita akan mencapai maksimum. Oleh sebab itulah, para calon ibu dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi ikan ketika sedang mengandung buah hatinya. Dan setelah anak sudah bisa diperkenalkan dengan makanan padat, lebih baik secepatnya diperkenalkan dengan konsumsi ikan.

Dewasa ini, banyak diperkenalkan minyak ikan dalam bentuk kapsul. Dalam kapsul ini, terkandung minyak ikan dengan Omega 3, yang sering disebut Eikosapentaenoat dan Dakosaheksaenoat, atau yang sering dikenal dengan EPA dan DHA.

Dari berbagai penelitian, sudah dibuktikan bahwa EPA dan DHA mampu menurunkan kadar kolesterol dan bintik-bintik darah yang melekat pada dinding pembuluh darah. Dengan berkurangnya hal ini, maka resiko serangan jantung dan stroke dapat diminimalisasi.

Selain itu, mengkonsumsi minyak ikan juga telah dibuktikan dapat menurunkan kadar trigliserida dan lipoprotein dalam darah. Dengan menurunnya kadar ini, resiko terjadinya Aterosklerosis dapat dikurangi.

Karena kandungan EPA dan DHA ini ditemukan paling banyak terdapat di dalam minyak ikan, dibandingkan kandungan EPA dan DHA di dalam minyak yang berasal dari tumbuhan, seperti minyak kacang, jagung dan kedelai serta yang lainnya, makan sangat dianjurkan untuk diberikan kepada anak selama periode emas pertumbuhannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar