20 Mei 2009

salah satu makanan penyebab alergi pada bayi (bagian 2)

Sebagai lanjutan dari postingan saya sebelumnya, berikut ini saya mencoba me-list beberapa makanan sebagai salah satu sumber gizi yang ternyata dapat menyebabkan alergi pada bayi. Disini saya tulis dapat menyebabkan. Kalau muncul pertanyaan, seberapa besar sumbangsih makanan-makanan ini terhadap munculnya alergi, itu tergantung dari riwayat alergi yang dimiliki keluarga anda.
Untuk satu hal yang pasti, ASI merupakan sumber gizi dan asupan terbaik untuk buah hati kita. Sebisa mungkin, berikan ASI kepada anak anda sampai berusia 2 tahun.
Berikut ini makanan-makanan yang dapat menyebabkan alergi untuk bayi berusia 4 sampai 12 bulan yang saya sarikan dari situs www.ibudananak.com :
  1. Citrus. Memperkenalkan buah-buahan citrus dan juice sebelum usia 1 tahun dapat memprovokasi reaksi alergi terutama jika dikeluarga anda memiliki alergi keturunan.
  2. Putih Telur. Tingginya protein yang terdapat pada putih telur, mungkin dapat menyebabkannya alergi. Setelah anak kita berusia lebih dari 2 tahun, baru kita bisa mencoba memberikan putih telur.
  3. Madu. Spora Clostridium Botulinum, penyebab botulism, dapat disebabkan oleh madu. Bila hal ini berkembang pada tubuh bayi, akan dapat menyebabkan keracunan pada tubuh bayi. Dikarenakan, daya tahan tubuh bayi belum optimal seperti kondisi orang dewasa. Berikan setelah berusia lebih dari 1 tahun
  4. Kacang-kacangan. Makanan ini merupakan salah satu penyebab timbulnya alergi yang dominan. Sebaiknya diberikan setelah berusia 1 tahun. Terlebih bila orangtua juga mempunyai riwayat alergi terhadap kacang-kacangan. Tunggu anak anda berusia 3 tahun untuk mengenalkannya terhadap kacang-kacangan.
  5. Product Gandum. Gandum adalah salah satu biji-bijian yang dapat menimbulkan alergi, maka jangan berikan product turunan gandum kepada si kecil sampai berusia 1 tahun.
  6. Kerang-kerangan. Seperti halnya kacang-kacangan, kerang mempunyai karakteristik pengenalan ke anak yang hampir sama. Tunggu sampai berusia 1 tahun. Bila orangtua mempunyai riwayat alergi yang sama, tunggu sampai si kecil berusia 3 sampai 4 tahun.
  7. Makanan lain yang berpotensial bisa menimbulkan alergi. Jika anda adalah keluarga yang memiliki riwayat alergi, anda mungkin juga harus menunda pemberian makanan seperti coklat, jagung, kedelai, atau apapun yang dapat menyebabkan anda alergi juga. Tunggu sampai usia anak anda 1 tahun. Tergantung berapa kuatnya alergi anda, mintalah bantuan dokter untuk membuat keputusan.
  8. Susu Sapi. Tetap susui anak anda dengan ASI, jika anda ingin memberikan susu formula lakukan saat ia berusia 1 tahun, karena bayi anda belum bisa mencerna protein dari susu sapi di tahun pertamanya, dan susu sapi tidak memiliki nutrisi dan mineral yang dibutuhkan anak anda saat itu dan hanya dapat membuat anak anda mengalami gangguan pencernaan.
    Jika anda menyusui, dengan memakan semua kacang kacangan dan telur pada menu anda memungkinkan untuk membuat anak anda untuk tidak terkena alergi pada kacang dan telur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar