05 Juni 2009

bayi menangis pada malam hari

Apabila si kecil yang masih berumur 2 minggu lebih, tiba-tiba menangis dan tanpa sebab yang jelas, ayahbunda pasti bingung dan panik. Hal itu wajar saja, karena kondisi anak yang masih rentan dan belum bisa mengekspresikan kondisinya. Ada kemungkinan, si kecil mengalami yang namanya kolik infantil. Dan kolik ini terjadi pada 20% bayi yang masih berusia 2 minggu samapi 4 bulan.

Apa penyebab kolik infantil?

Sampai sekarang, penyebab kolik ini belum bisa dipastikan. Gejala si kecil mengalami kolik, bayi akan menangis, seringkali kaki-nya ditekuk dan ditarik ke arah perut dan dengan wajah yang memerah serta buang angin. Melihat gejala ini, seringkali kejadian kolik ini seringkali dikaitkan dengan gangguan sistem pencernaan-nya yang memang masih belum sempurna. Karena hal ini tidak akan membahayakan si kecil, ayahbunda disarankan tidak panik dan tidak usah membawa si kecil ke dokter.

Cara mengatasi kolik infantil

Karena belum ditemukan obat yang sesuai untuk menyembuhkan kolik pada si kecil, yang bisa dilakukan ayahbunda hanyalah mengurangi atau meminimalkan resiko-resiko yang tidak diharapkan. Berikut ini cara atau tips yang bisa ayahbunda lakukan ketika si kecil mengalami kolik infantil.

  • Gendong sambil elus-elus punggungnya, agar bayi bersendawa.
  • Gendong sambil diayun perlahan, agar bayi merasa aman dan nyaman.
  • Dekap bayi agar bayi merasa hangat.
  • Jika kulitnya agak dingin, kenakan sarung tangan, kaus kaki dan selimut.
  • Bersikaplah tenang (ini yang paling penting). Kepanikan Anda biasanya dirasakan juga oleh bayi. Hal ini bisa membuat bayi semakin rewel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar