03 Juni 2009

balita 1 tahun sering takut ditinggal sendiri, ada apa?

Apabila balita anda berusia 1 tahun dan mulai menunjukkan tanda-tanda takut dengan orang lain dan inginnya selalu mengikuti seseorang yang dia kenal, maka tidak seharusnya para ayahbunda kuatir dengan kondisi ini. Kenapa? Berikut ini beberapa penjelasan mengenai hal ini.

Belum mandiri

Dari sudut pandang si kecil, seseorang yang mengasuhnya dan sering berada di dekat-nya, yaitu bunda-nya, memberi rasa aman dan nyaman ketika si kecil mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Ikatan emosional antara anak dan bunda-nya, sangat kuat sehingga balita sepenuhnya tergantung pada bunda-nya. Hal ini bisa dimaklumi karena balita usia 1 tahun memang belum terbentuk kemandiriannya.

Balita usia 1 tahun selalu ingin melakukan segala sesuatu dengan bunda-nya, dan harus selalu berada di dekat-nya. Kecemasan seringkali muncul ketika si kecil merasa jauh dari bunda. Pada saat itu, si kecil akan merasa sedih dan takut. Itu sebabnya, balita seringkali membuntuti ke mana pun bunda-nya pergi. Si kecil berperilaku demikian karena ingin mendapatkan keamanan dan kenyamanan dari bunda-nya.

Ciptakan kenyamanan

Hindari meremehkan rasa cemas anak, dan bunda nggak perlu ikut-ikut cemas. Ciptakan situasi agar balita merasa aman dan nyaman dengan lingkungannya, terlebih saat bunda jauh dari pandangan-nya.

Beri perhatian saat bunda bersama si kecil di rumah. Ucapkan kata-kata penuh kasih. Memberi sentuhan fisik dan situasi yang menyenangkan saat perpisahan bisa menjadi cara untuk meyakinkan balita bahwa si kecil tetap dicintai dan diperhatikan. Ketika anak masih saja mengikuti, biarkan saja hingga si kecil benar-benar mandiri. Dukung dan bangun kepercayaan diri balita agar ia menjadi anak yang mandiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar