09 Juni 2009

kenapa waktu tidur bayi sangat lama?

Ketika bayi baru lahir sampai kira2 umur 1 bulan, aktifitas utama yang dilakukan oleh si kecil adalah tidur, tidur dan tidur. Bahkan sampai umur balita pun, si kecil pasti dianjurkan untuk banyak tidur, setelah aktifitas kesehariannya.
Ini yang perlu ayahbunda ketahui. Bahwa semakin nyenyak tidur si kecil, maka tumbuh kembang otak si kecil akan semakin optimal. Kenapa? Karena sekitar 75% hormon pertumbuhan ini, dikeluarkan ketika sedang tidur nyenyak. Hormon ini berfungsi untuk merangsang pertumbuhan tulang dan jaringan, memperbaiki dan reproduksi sel-sel tubuh yang rusak, serta mengatur metabolisme tubuh, termasuk juga perkembangan otak si kecil.
Selain itu, aliran darah ke otak juga meningkat selama tahap tidur REM (Rapid Eye Movement) atau tahap tidur aktif. Berdasarkan teori autostimulation, tingginya komponen tidur REM pada bayi menunjukkan stimulasi yang terjadi di otak juga berlangsung lebih maksimal. Stimulasi ini tentulah amat penting bagi pertumbuhan sistem susunan saraf pusat bayi, sehingga memungkinkan optimalnya tumbuh kembang otak bayi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar