09 November 2009

bagaimana cara membiasakan anak untuk membaca?

Membaca, disukai atau tidak akan menentukan proses tumbuh kembang anak dalam menjalani proses kehidupannya kelak. Dan mengajari si batita membaca? Kenapa tidak! Tentunya dengan kadar yang berbeda apabila dibandingkan dengan anak berusia sekolah.
Dalam hal ini, mengajari si kecil membaca adalah untuk memunculkan kecintaan-nya terhadap membaca. Dan semakin banyak bahan bacaan yang dibacakan kepada anak, maka akan semakin kreatif dan kritislah sang anak kepada orangtua-nya.

Nah, bagaimana cara agar si kecil menggemari proses membaca ini?
  • Pilih buku atau bahan bacaan yang menarik. Menarik bukan hanya di cerita atau isi dari bahan bacaannya, tetapi juga dari kemasan bahan bacaan itu sendiri. Buku atau bahan bacaan yang bergambar akan lebih menarik perhatian si kecil. Apabila didukung oleh kemasan bahan bacaan yang menarik, misalkan warna atau bentuknya, maka si kecil pasti akan lebih tertarik untuk mengikuti proses membaca ini.
  • Bacakan buku secara periodik. Pilih waktu yang periodik dan kontinyu ketika membacakan buku kepada si kecil, misalkan ketika si kecil mejelang tidur. Selain membuat si kecil senang membaca, proses ini akan menjadi reminder atau pengingat untuk si kecil bahwa ketika dibacakan buku cerita, itu pertanda sudah mendekati jam tidurnya.
  • Atur penempatan buku atau bahan cerita dengan rapi dan nyaman untuk si kecil. Pilih ruangan yang lega dan dikondisikan nyaman untuk si kecil. Penempatan buku yang tidak terlalu sulit untuk dijangkau akan membuat si kecil rajin mengambil buku atau bahan bacaan yang disukainya.
  • Selingi proses membaca ini dengan permainan sederhana. Tebak-tebakan mungkin akan menambah semangat si kecil untuk menikmati proses ini. Minta si kecil untuk menebak akhir cerita yang dibacakan atau biarkan si kecil yang menentukan akhir cerita dari bacaannya. Pastinya akan menambah semangatnya untuk terus membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar