04 November 2009

mengurangi kebosanan anak saat melakukan perjalanan


Apabila kita melakukan perjalanan, entah itu mudik atau hanya dalam lingkup dalam kota, rasanya ada sesuatu yang hilang kalau si kecil tidak ikut serta. Celotehan-celotehan si kecil, meski belum jelas, pastinya membuat kita sebagai orang tua tidak ingin melepaskan setiap momen yang dibuat bersama si kecil.

Tetapi, seringkali dalam perjalanan, si kecil akan dilanda kebosanan. Duduk sekian lama, atau pemandangan yang hanya itu-itu saja, pasti akan membuat si kecil bosan. Nah, sekarang bagaimana trik yang dapat kita lakukan untuk membuat si kecil tetap riang gembira dan tetap dengan celotehan-celotehan yang akan membuat kita semakin takjub terhadap perkembangan si kecil.

Berikut ini tips yang dapat kita lakukan untuk menghindari kebosanan si kecil dalam perjalanan.
  • Bawa serta mainan kegemaran si kecil. Selalu bawa mainan kegemarannya, meskipun hanya melakukan perjalanan yang singkat. Ajak bermain apabila si kecil mulai menunjukkan rasa bosannya.
  • Pilih rute perjalanan yang menyenangkan. Cari rute perjalanan yang dapat membuang kejenuhan si kecil. Lewati rute-rute favorit apabila berada dalam lingkup dalam kota. Bila melakukan perjalanan keluar kota, selalu ajarkan mengenai hal-hal baru atau lokasi-lokasi yang sudah atau akan dilewati. Hal itu akan membuat si kecil tetap bersemangat mengikuti perjalanan keluarga.
  • Ciptakan suasana meriah di dalam kendaraan. Dengan kemajuan teknologi yang ada sekarang ini, internet atau minimal musik merupakan hal biasa yang dapat diinginkan kapan saja. Selalu bawa gadget pendukung aktivitas ini. Dengan adanya film favorit atau musik favorit si kecil, tentunya si kecil akan betah selama perjalanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar