16 Juni 2009

konsumsi vitamin E berlebih berbahaya untuk janin


Informasi ini sebaiknya diketahui oleh para calon bunda yang sedang hamil atau sedang merencanakan kehamilan. Terkait dengan asupan vitamin E yang masuk ke dalam tubuh.

Ternyata, semakin tinggi asupan vitamin E yang diterima tubuh, maka hal itu akan berakibat kurang baik untuk janin-nya. Hal itu diungkapkan oleh para peneliti dari Belanda, yang menyatakan, kandungan vitamin E yang terlalu tinggi pada awal kehamilan dapat menyebabkan resiko bayi lahir dengan gangguan hati. Dan para calon bunda yang mengkonsumsi vitamin E dosis tinggi, beresiko hingga 70 persen memiliki bayi dengan kelainan hati, dibandingkan yang mengkonsumsi vitamin E lebih rendah.

Peneliti menyimpulkan bahwa tingginya asupan vitamin E memungkinkan adanya ketidakseimbangangan antara oksidan dan antioksidan di dalam lapisan embrio.

Kemungkinan mekanisme lain yang diperburuk efek vitamin E dosis tinggi pada bayi, menurut peneliti, adalah termasuk perkembangan perubahan pada hati embrio, dan gangguan sel enzim pembersih racun secara alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar