13 Juni 2009

tips memberi obat kepada anak balita

Susah-susah gampang. Mungkin itu yang terjadi ketika ayahbunda memberi obat kepada si kecil. Pasti ada saja tingkah si kecil untuk menolak minum obat yang ayahbunda berikan. Dari yang sekedar menutup rapat mulut-nya, geleng-geleng sampai mengeluarkan kembali obat yang sudah masuk ke mulut-nya. Dan pastinya, ayahbunda akan jengkel ketika mengalami hal ini.

Berikut tips dan trik untuk meringankan ayahbunda sekalian, ketika memberikan obat kepada si kecil.

  • Karena bayi biasanya susah diam, mintalah bantuan orang dewasa atau anak yang lebih besar untuk menenangkannya.

  • Kalau tidak ada orang lain, Anda bisa membungkus tangan dan tubuh bayi dengan selimut agar tangan si bayi tak mengganggu Anda.

  • Jika bayi sering memuntahkan kembali obat yang diminumnya, mintalah bantuan seseorang untuk membuka mulutnya dengan lembut. Lalu, dengan lembut pula masukkan obat ke dalam mulut bayi.

  • Pemberian obat, yang biasanya berbentuk cair, itu bisa menggunakan sendok atau pipet:

Bila menggunakan sendok, letakkan sendok yang telah disterilkan dan diisi obat pada bibir bagian bawah. Angkat sedikit sendoknya agar obat mengalir ke dalam mulutnya.
Bila menggunakan pipet, isilah pipet dengan sejumlah obat yang sesuai dengan petunjuk dokter. Letakkan pipet obat di sudut mulut bayi dan keluarkan obat perlahan-lahan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar